Berita Lowongan Kerja Terbaru
Gubernur Maluku Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hardiknas 2019

 

Ambon-InfoPublik, Gubernur Maluku Murad Ismail menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di halaman depan Kampus Universitas Pattimura (Unpatti), Kamis (2/5/2019).

Kementrian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi (Risetdikti) mengangkat tema Hardiknas Tahun ini,  adalah “Mewujudkan SDM Kompetitif, inovatif, dan berkarakter”.

Menteri risetdikti Mohamad Nasir dalam sambutannya yang dibacakan Gubernur Maluku mengatakan bahwa pendidikan berkualitas juga merupakan salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkelanjutan. Penguatan pendidikan tinggi dan sumber daya manusia menjadi sejumlah fokus pembangunan tersebut.

Lebih lanjut murad memaparkan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di Indonesia pada 2018 masih berkisar 34,58%. Sementara institusi pendidikan tinggi Indonesia saat ini berjumlah 4.741. Ini berarti masih sekitar 65% anak-anak usia kuliah tidak mampu mengenyam pendidikan tinggi.

“Menyadari semakin tingginya harapan pemerintah dan masyarakat Indonesia kepada perguruan tinggi dalam memberikan pendidikan kepada generasi penerus bangsa agar kompetitif, kreatif, dan inovatif, perguruan tinggi di Indonesia dituntut ikut berevolusi dan didorong kesanggupannya untuk melakukan upaya transformasi digital,” kata murad.

Pemerintah telah berupaya melakukan inovasi dalam melakukan revolusi pendidikan berbasis online education, MOOCs (Massive Open Online Courses), hingga cyber university dibeberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu, penyediaan berbagai mata kuliah baru yang selaras dengan kondisi global, seperti big data, data analytics, dan kewirausahaan terus dilakukan. Ini bertujuan membekali lulusan perguruan tinggi agar siap menghadapi tantangan di masa depan.

Pada sektor sumber daya manusia, daya saing mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan terus dikembangkan melalui peningkatan literasi pada data, literasi pada teknologi, serta literasi pada manusia.

“Kemajuan teknologi menandakan majunya pendidikan dan ilmu pengetahuan yang tetap harus memartabatkan dan menyejahterakan manusia dan bangsa Indonesia,” tutur murad.

Turut hadir dalam Upacara tersebut Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno dan Istri, Sekda Maluku Hamin Bin Thahir, Rektor Unpati M.J Saptenno, Rektor Institut Agama Islam negeri (IAIN) Ambon Hasbollah Toisuta, Perwakilan Pangdam 16 Pattimura, Perwakilan Kapolda Maluku, Perwakilan Kejaksaan Tinggi dan OPD Propinsi Maluku.(mcmaluku/vpa/eyv).

Read 298 times Last modified on Monday, 13 May 2019 00:30

Iklan Layanan Masyarakat

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

GPR

 
Top