Berita Lowongan Kerja Terbaru
Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat & Desa Melalui Empat Aspek

 

AMBON, Pemberdayaan masyarakat sesungguhnya upaya merubah pola perilaku masyarakat untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian lewat empat aspek yaitu, perlindungan sosial, peningkatan kapasitas, peningkatan aksesibilitas dan pemanfaatan potensi lokal. Pasalnya, kebijakan pemberdayaan masyarakat yang sudah dilaksanakan selama ini tidak terbatas tataran konsep adopsi program dan kegiatan semata, tapi terpenting mengadaptasi konsep tersebut kepada masyarakat.

Di bidang perlindungan sosial dan ekonomi, kebijakan pemberdayaan masyarakat harus diarahkan untuk menanggulangi masalah bencana alam, penyandang masalah kesejahteraan sosial dan bantuan kepada masyarakat miskin, termasuk didalamnya fasilitas pembentukan BUMDes dan pengembangan kawasan perdesaan.

Sementara di bidang peningkatan kapasitas, kebijakan pemberdayaan masyarakat harus menjawab masalah sumber daya aparatur pemerintahan desa dan BPD, masalah kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan infrastruktur pendukung. Untuk bidang peningkatan aksesibilitas, harus diarahkan untuk menyediakan akses terhadap sumber daya, akses terhadap teknologi dan akses terhadap pembiayaan.

Selanjutnya, di bidang pemanfaatan potensi lokal, pemberdayaan masyarakat harus mampu menyediakan seperangkat teknologi tepat guna sesuai potensi lokal, penyediaan pasar bagi terciptanya aktifitas ekonomi masyarakat serta fasilitas kelompok pengelola prasarana.

“Untuk melaksanakan semua kebijakan pemberdayaan masyarakat tersebut, faktor utama yang harus dilaksanakan yakni melakukan identifikasi kebutuhan masyarakat melalui pengkajian dan pengembangan dengan tetap menjunjung tinggi pendekatan operasional sesuai konsep pembangunan daerah,” terang Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Halim Daties saat membuka forum rapat teknis (forum OPD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Maluku di Golden Palace Hotel, Rabu (6/3/19).

Dalam merumuskan program-program pemberdayaan masyarakat, diharapkannya, forum yang menghadirkan dinas serumpun di 11 kabupaten/kota ini, dapat menghasilkan suatu konsep pendekatan pemberdayaan masyarakat secara holistik, artinya pelaksanaan program pemberdayaan ditunjang dengan program lain, sehingga menjadi satu kebijakan secara terpadu dan terintegrasi.

“Semoga forum ini menghasilkan kesepakatan penting dan strategis sebagai kontribusi pemikiran bagi pemerintah daerah dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat di Maluku,” tutupnya.

Kepala DPMD Maluku, Rusdi Ambon menambahkan, salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan adalah melalui pemberian bantuan dan transfer melalui dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD) kepada masyarakat di desa. Lewat upaya pemerintah ini diharapkan terjadinya sinergitas kebijakan pemberdayaan masyarakat dengan semua program penanggulangan kemiskinan di daerah baik yang bersumber dari APBN maupun APBD sebagai wujud tanggungjawab mempercepat penanggulangan kemiskinan di Provinsi Maluku. (MR-02)

(sumber : http://mimbarrakyatnews.com/pentingnya-pemberdayaan-masyarakat-desa-melalui-empat-aspek/?fbclid=IwAR2xQeHQCID4753lQjCZT7WNBVZ2bPMlb4Sc50hF4MlUeCFftAPSYgpa6i8)

Read 1247 times Last modified on Tuesday, 12 March 2019 06:59

Iklan Layanan Masyarakat

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

GPR

 

INFO BMKG

Top