Berita Lowongan Kerja Terbaru
Gubernur: Jangan Terjebak Penjajahan Jaman Now


AMBON - Gubernur Maluku Said Assagaff mengingatkan generasi muda di daerah ini, agar jangan sampai terjebak penjajahan jaman now.

Pernyataan tersebut Gubernur Assagaff tersebut disampaikannya pada peringatan 200 tahun atau dua abad perjuangan pahlawan nasional asal Maluku, Martha Christina Tiahahu, di Negeri Abubu, Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (2/1).

Apa itu penjajahan jaman now? Menurut Gubernur Assagaff, ini terkait kemajuan teknologi yang memungkinkan pesatnya pengembangan smartphone dan semacamnya.

"Di satu sisi, itu merupakan sebuah lompatan teknologi yang memberikan banyak kemudahan kepada manusia. Tetapi di sisi yang lain, bisa saja menjadi sarana intimidasi oleh pihak-pihak tertentu, untuk menjajah generasi muda kita," terangnya.

Keterbukaan yang dimiliki internet, disebut Assagaff, menjadikan anak-anak kita dapat belajar cepat tentangan banyak informasi dan pengetahuan. Namun di sana ada informasi yang pantas untuk anak-anak, tetapi ada juga yang belum pantas.

Dia katakan, ada sisi positif dan ada sisi negatif. Ini yang harus kita waspadai. Di internet, ada banyak aplikasi pembelajaran, cara belajar cepat dan efektif, ada buku-buku online dan yang lainnya.

"Tetapi ada juga permainan atau video game online yang justru jauh lebih digemari oleh anak-anak. Celakanya lagi para orang tua juga turut terbawa arus dan duduk-duduk main game online," ujarnya.

Bahkan, menurut Assagaff, ada yang sampai lupa jam makan minum, apalagi jam belajar. Ujung-ujungnya anak-anak kita dibekali smartphone dengan tujuan supaya mereka tidak tertinggal dalam pelajaran, ternyata justru sebaliknya mereka lalu terjebak dalam jebakan kemajuan teknologi itu sendiri, dengan segala tawaran-tawaran yang menarik tetapi menyesatkan. Inilah yang dia maksudkan sebagai penjajahan jaman now.

"Lalu sekarang bagaimana dengan anak-anak muda Negeri Sila, Leinitu, Nalahia, Ameth, Titawai, Abubu dan Akon? Adakah niat dan tekad kalian tetap membara untuk mencontohi teladan sang gadis pemberani itu?," kata Assagaff sembari bertanya...

Read 411 times Last modified on Wednesday, 03 January 2018 07:38

Iklan Layanan Masyarakat

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

GPR

 

INFO BMKG

Top