Berita Lowongan Kerja Terbaru
Tour de Molvccas : Akhir yang luar biasa!

Ambon, 22 September 2017. Tour de Molvccas yang diikuti oleh 70 pembalap dari 20 negara telah melalui pertarungan terakhir di Etape ke 5 dengan total jarak yang ditempuh  712 Km. Tour de Molvccas akhirnya berhasil melahirkan juara-juara hebat di etape ke 5 yang berlangsung di Kota Ambon.

Pembalap Kinan Cycling dari Team Jepang Hiroshi Tsubaki berhasil menjadi  pembalap tercepat di etape ke 5 yang berjarak 89,2 Km. Muhammad Syahrul Amin dari Terengganu Cycling Team Malaysia berhasil menduduki posisi ke 2 dan Sanghong Park dari LX Cycling Team Korea Selatan di posisi ke 3.

Pembalap asal Australia Marcus Culey dari Team St George Continental berhasil menjadi Juara Umum Tour de Molvccas 2017. Marcus berhasil menjadi yang terhebat di sepanjang etape dengan total kecepatan waktu 15 Jam 18 Menit 31 detik.

Pembalap Indonesia peraih waktu tercepat di Etape 5 ini adalah Muh Imam Arifin dari tim KFC, sementara pembalap Indonesia terbaik sepanjang lima etape TdM 2017 adalah Jamal Hibatullah dari tim KFC yang berhasil mencatat waktu 15 jam 25 menit 14 detik. Pembalap Indonesia terbaik kedua yakni Aiman Cahyadi dari tim, dan terbaik ketiga adalah Dadi Suryadi dari tim Sapura (*)

 

Juara Umum Perorangan:
1. Marcus Culey (Australia/St. George Continental Cycling Team Australia).
2. Jai Crawford (Australia/Kinan Cycling Team Jepang).
3. Jesse Ewart (Australia/7-eleven Roadbike Filipina).

 

Juara Kategori Pembalap Indonesia :
1. Jamal Hibatullah (KFC Cycling Team).
2. Aiman Cahyadi (Team Sapura Cycling Malaysia).
3. Dadi Suryadi (Terengganu Cycling Team Malaysia).

 

Best Sprinter:
1. Hiroshi Tsubaki (Jepang/Kinan Cycling Team Jepang).
2. M Izzat Hilmi A Halil (Malaysia/Team Sapura Cycling Malaysia).
3. M Sahrul M Amin (Malaysia/Terengganu Cycling Team Malaysia).

 

Best Climber:
1. Ricardo Garcia (Spanyol/Kinan Cycling Team Jepang).
2. M Zawailwi Azman (Malaysia/Team Sapura Cycling Malaysia).
3. Thomas Lebaz (Prancis/Kinan Cycling Team Jepang).

 

 

Juara Umum Team:
1. Kinan Cycling Team Jepang.
2. 7-eleven Road Bike Filipina.
3. St. George Continental Cycling Team Australia.

 

Juara Tim Khusus Indonesia:
1. KFC Cycling Team.

 

Juara Etape ke 5:
1. Hiroki Tsubaki
2. M. Syahrul Amin
3. Sanghong Park


Tour de Moluvcaas 2017 sendiri berhasil memecahkan rekor jumlah penonton, antusiasme warga Ambon dan Pulau Seram menyaksikan Tour de Molvccas (TdM) 2017 diapresisi UCI (Union Cycliste Internationale) atau badan sepeda dunia. Michael Robb, utusan dari UCI yang menyaksikan dan mengawasi langsung TdM 2017 memberikan acungan jempol. Konsultan teknis balap sepeda internasional yang juga konsultan teknis TdM 2017 dan salah satu komiser UCI, Jamaludin Mahmood, berpendapat senada dengan Robb.

Jamaludin memperkirakan jumlah penonton TdM Etape V (terakhir) 22 September 2017, dengan rute Pantai Namalatu – Lapangan Merdeka, Ambon, mencapai 500 ribu penonton. Total penonton TdM untuk Etape I, II, III dan IV di Pulau Seram juga diperkirakan hampir mencapai 500 ribu. Penonton TdM 2017 di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terutama di kota Bula (finish etape II, Wahai – Bula dan etape III Bula-Wahai) diperkirakan mencapai 250 ribu. Penonton di Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat juga hampir mencapai 250 ribu penonton.

“Saya perkirakan penonton TdM 2017 di kota Ambon mencapai 500 ribu. Total penonton TdM 2017 di Pulau Seram, etape I, II, III dan IV juga mungkin mencapai hampir 500 ribu penonton. Ini jauh lebih banyak dari Singkarak (Tour de Singkarak, Sumatra Barat). Untuk tingkat Asia, menurut saya, Tour de Molvccas cuma kalah dari Cina-Tiongkok dan bisa jadi masuk 10 besar dunia,” ungkap Jamaludin yang juga konsultan teknis untuk Tour de Singkarak, Tour de Ijen Banyuwangi, Tour de Flores (2016) dan berbagai ‘tour de’ atau lomba balap sepeda di Asia.

“Saya kagum dengan antuasiasme warga Maluku, terutama warga Pulau Seram dan Pulau Ambon yang datang menyaksikan Tour de Molvccas 2017 baik di tempat start, finish maupun di jalan-jalan yang dilintasi para pembalap Tour de Molvccas 2017. Saya kagum dengan semangat pemerintah daerah-nya yang antusias dengan Tour de Molvccas. Saya telah menyaksikan Tour de Singkarak, Tour de Ijen Banyuwangi dan Tour de Flores (NTT), jumlah penonton dan antuasiasmenya tidak sehebat Tour de Molvccas 2017,” demikian Michael Robb berpendapat. (facebook: tourde.molvccas)

Read 273 times Last modified on Saturday, 23 September 2017 17:36

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

INFO BMKG

Info Cuaca dan gelombang 13 Desember -15 Desember 2017
 

 

INFO GEMPA



 

 
INF BMKG-BPBD-STAKEHOLDER
Top