Berita Lowongan Kerja Terbaru
KASAU Bangga dengan Kerukunan Beragama di Maluku

AMBON - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Madya Hadi Tjahjanto mengaku bangga berada di Maluku, yang dikenal dengan kerukunan antar umat beragamanya.

Pernyataan tersebut disampaikan jenderal bintang empat ini, pada acara Buka Puasa Bersama dengan Forkopimda Maluku dan seluruh anggota Pangkalan Udara (Lanud) Pattimura di Masjid AL Huda Lanud Pattimura, Ambon, Senin (5/6).

Menurut Hadi, dia sangat bangga bisa berada di tengah-tengah keluarga besar masyarakat Maluku, dan melihat kerukunan antar umat beragama di tengah-tengah kaum Muslimin menjalankan ibadah puasa dalam kehangatan toleransi.

"Ini kunjungan kerja pertama saya khususnya ke wilayah Timur Indonesia. Dan berkesempatan berbuka bersama dengan seluruh warga di sini," ujar Hadi.

Dia mengaku ini juga kesempatan pertama baginya berada di Mess Jupiter yang terhitung baru. Sebab dulu, saat berpangkat Kapten dia biasanya hanya di mess lama di samping Jupiter.

Menyinggung ibadah puasa, Hadi katakan, ini pada hakekatnya adalah merupakan aktualisasi diri manusia yang beriman terhadap ajaran agama yang diyakininya.

"Ibadah wajib ini memiliki dua tujuan sekaligus, yaitu membentuk karakter yang jujur dan peduli terhadap sesama. Tujuan yang kedua adalah mewujudkan keimanan yang baik dalam diri seorang Muslim yang taat," tuturnya.

Ramadan, disebut Hadi, bisa diibaratkan kawah Candradimuka, untuk menempa diri menjadi seorang ksatria. Sifat-sifat ksatria adalah jujur dan disiplin. Ini sangat diperlukan agar kita bisa melaksanakan ibadah puasa dengan benar.

"Dalam melaksanakan ibadah, seorang Muslim harus jujur dengan dirinya sendiri, karena dalam ibadah tersebut, hanya Allah dan dirinya saja yang tahu, apakah puasa dilaksanakan dengan benar apa tidak," tandas perwira tinggi lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987 ini.

Dari sekian banyak hikmah puasa, secara sederhana Hadi menyoroti dua dimensi, yaitu spiritual dan sosial.

"Dimensi spiritual sangat berkaitan hubungan seorang hamba dengan Tuhan-nya. Dengan berpuasa seorang hamba diharapkan semakin dekat dengan Allah SWT. Lalu dimensi sosial, terkait hubungan antar sesama manusia," tuturnya.

Hadi berharap, kaum Muslimin di daerah ini bisa melaksanakan ibadah puasa sampai akhirnya nanti.

Selain Gubernur Assagaff, ikut hadir pada acara buka puasa bersama tersebut, Wakil Gubernur Zeth Sahuburua, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara, Pangkoopau II Marsma TNI Yadi Indra Yadi, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P.M, dan Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono.

Dalam kunjungan ini, Kasau didampingi beberapa pejabat teras TNI AU, antar alain Asrena Kasau Marsda TNI Fahru Zaini, S.H., M.D.S., Aspam Kasau Marsda TNI Kisenda Wiranata K., M.A., Asops Kasau Marsda TNI Barhim, Aspers Kasau Marsda TNI Anastasius Sumadi, Aslog Kasau Marsda TNI Yadi Husyadi, Aspotdirga Kasau Marsda TNI Agus Munandar, Pangkohanudnas Marsda TNI Yuyu Sutisna, Dankorpaskhas Marsda TNI T. Seto Purnomo, Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, serta Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Nani Hadi Tjahjanto.(*)

-Foto:Humas Pemprov Maluku

Read 292 times

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

INFO BMKG

Info Cuaca dan gelombang 21-23 JUNI 2017
 

FILE PERAKIRAAN CUACA 21-23 JUNI (PDF)

FILE PROSPEK CUACA 21-23 JUNII (PDF)


Info Gempa Mag:4.8 SR, 20 JUNI 2017 Pukul 20:41:25: WIT, Lokasi:6.09 LS-130.62 BT (169 Km Baratlaut Larat-MTB, 191 Km Tenggara Banda-MALTENG), Kedalaman 123 Km

 
INF BMKG-BPBD-STAKEHOLDER
Top