Berita Lowongan Kerja Terbaru
Pemprov Maluku dan ITB Kerjasama Pengembangan SDM

AMBON - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dan Institut Teknologi Bandung (ITB) membangun kerjasama melalui penandatanganan nota kesepahaman untuk pengembangan sumberdaya manusia (SDM).

"Hari ini (Selasa, 30/5), Gubernur Maluku Said Assagaff dan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait kerjasama di Bidang Pendidikan, Pelatihan, Penelitian, Perencanaan dan Pembangunan Provinsi Maluku, bertempat di Bandung," ungkap Kepala Bagian Humas Pemprov Maluku, Bobby Palapia, di Ambon, kemarin.

Di bidang Pendidikan, kata Palapia, Pemprov Maluku akan membangun Institut Teknologi Ambon (ITA). Ini dimaksudkan untuk mengisi SDM pengelolaan Blok Masela.Sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas di Istana Presiden tanggal 21 Feb 2017, yang menyatakan bahwa Fakultas Teknik Universitas Pattimura (Unpatti) agar dikembangkan sesuai dgn kebutuhan SDM di Blok Masela.

Sebagai embrionya, menurut Palapia, pembentukan ITA didukung tenaga pengajar dari ITB, dalam waktu dua sampai tiga tahun ke depan.

"Rektor ITB sangat mendukung pendirian ITA dengan memperkuat atau meningkatkan SDM Dosen Unpatti," terang Palapia, sembari menambahkan, ITB sedang menyusun studi kelayakan dan masterplan ITA.

Selain Gubernur Maluku dan Rektor ITB, ikut hadir Rektor Unpatti Nus Sapteno, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Maluku Anton Sihaloho dan Kepaka Perwakilan Maluku di Jakarta.

Sedangkan dari pihak ITB, ada Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi Miming Miharja, Direktur Eksekutif Penerimaan Mahasiswa Mindriani Syafila, Direktur Kerjasama dan Hubungan Internasional ITB Edwan Kardena, Wakil Direktur Bidang Kemitraan ITB Firmansyah Murad, Wakil Dekan Bidang Akademik SITH-ITB Chandra Anggarini, Direktur Utama Yayasan LAPI-ITB Komang Anggayana, dan Direktur Bidang Keuangan Yayasan LAPI-ITB Chalid Idham.

"Dalam sambutannya Pak Gubernur meminta ke depan kerjasama dari pihak ITB mungkin bisa dimulai dengan mengirimkan tenaga prngajarnya ke Unpatti, atau menerima mahasiswa dari Maluku sembari sama-sama menpersiapkan pembangunan ITA," tutur Palapia.

Sementara Rektor ITB pada kesempatan yang sama, mengapresiasi bentuk kerjasama tersebut.

"Menurut beliau, ITB akan sepenuhnya mendukung dan membantu proses pembentukan dan pembangunan ITA, karena pada prinsipnya ITB bukan cuma untuk Bandung tapi untuk kepentingan seluruh lapisan bangsa dan negara, " pungkas Palapia.(*)

-Foto: Humas Pemprov Maluku

Read 239 times

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

INFO BMKG

Info Cuaca Tour De Molvccas 18-22 September 2017
 

Stage 1 - 18 September

Stage 2 - 19 September

Stage 3 - 20 September

Stage 4 - 21 September

Stage 5 - 22 September


 
INF BMKG-BPBD-STAKEHOLDER
Top