Berita Lowongan Kerja Terbaru
Menteri Susi Komandoi Penenggelaman 81 Kapal dari Ambon

 

 

AMBON - Gubernur Maluku Said Assagaff mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia Susi Pudjiastuti saat penenggelaman 81 kapal ikan ilegal, yang merupakan barang bukti kapal asing pelaku illegal fishing pada perairan di seluruh Indonesia, dari Negeri Morela, Pulau Ambon, Sabtu (1/4). ㅤ


Selain Gubernur Maluku Said Assagaff, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua dan Sekretaris Daerah Maluku Hamin Bin Thahir, ikut hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, menyaksikan penenggelaman dua kapal asing ilegal di KM Sino 26 dan KM Sino 35, yang menandai penenggelaman secara bersamaan 79 kapal pada 11 lokasi lainnya yang ditahan di beberapa daerah di Indonesia.

"Saya sengaja memindahkan komando penenggelaman 81 kapal di 12 tempat, ke tempat ini adalah ingin menunjukkan bahwa di Maluku, pemerintah Indonesia tetap berdaulat dan NKRI tidak boleh kalah oleh mafia ilegal fishing, " ujar Menteri Susi selaku Komandan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan secara Ilegal (Satgasc115), kepada wartawan di Morela.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Susi menyampaikan apresiasi kepada aparat hukum, Pengadilan Perikanan Ambon dan seluruh jajarannya, yang akhirnya memutuskan sebuah kebijakan yang berkeadilan untuk negara ini.


Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam hal ini Pemerintah Indonesia, disebut Menteri Susi, waktu itu sempat gagal untuk menyita dan memusnahkan kapal ini karena Pengadilan Perikanan di Ambon pada waktu itu hanya memutuskan denda Rp.200 juta. Tapi dalam sebuah kebijakan yang dinilainya adil, kapal-kapal itu akhirnya bisa ditenggelamkan.

"Saya memutuskan untuk ditenggelamkan di sini, juga karena sesuai dengan janji saya, waktu berkunjung ke Negeri Mamala dan Negeri Morela tahun lalu. Saya berjanji untuk mereka yang ingin punya rumpon, kita aparat dan negara dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan, TNI Angkatan Laut, Polair, Kejaksaan, Hakim, Pengadilan, semua bekerja bersama menyerahkan dua kapal ini untuk menjadi rumpon, rumah ikan di perairan Negeri Mamala dan Morela," terangnya.(*)

(Foto: Humas Pemprov Maluku )

Read 378 times Last modified on Wednesday, 03 May 2017 05:50

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

INFO BMKG

Info Cuaca Tour De Molvccas 18-22 September 2017
 

Stage 1 - 18 September

Stage 2 - 19 September

Stage 3 - 20 September

Stage 4 - 21 September

Stage 5 - 22 September


 
INF BMKG-BPBD-STAKEHOLDER
Top